ELECTRICAL SOLUTIONS

 

 

ELECTRICAL SOLUTIONS

088 Imam bonjol Street
Central Jakarta
DKI Jakarta 10110
Indonesia

Cara mengisi token listrik kWh meter PLN semua merk!

Beberapa di antara kita mungkin masih bingung tentang bagaimana cara mengisi token listrik kWh meter prabayar, terutama bagi Ibu-ibu nih yang kesehariannya di rumah. Scara kan Jika token kWh meter habis, maka segala macam peralatan dapur di rumah seperti kulkas, Ricecooker, Blender, Dispenser, dll menjadi tak berguna karena tidak bisa dihidupkan. Selain itu, jika para ibu-ibu udah jago ngisi token kWh meter sendiri, tentunya anda-anda tidak perlu lagi merepotkan kami para suami, hahaha..

Okelah, kali ini kita membahas bagaimana cara mengisi ulang token listrik kWh meter PLN untuk berbagai merk. Mulai dari merk ITRON, Actaris, Glomet, dll.

Baca juga:

kWh meter mati lalu hidup sendiri? Ternyata ini penyebab nya!

Cara mengisi token listrik kWh meter ITRON

Cara mengisi token listrik kWh meter Itron

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengisi token listrik kWh meter merk Itron.

  1. Pastikan anda sudah membeli Token listrik baru. Biasanya berupa deretan angka berjumlah 20 digit. (Contoh: 6465 7379 6123 9349 0193)
  2. Silahkan masukan ke 20 digit token tersebut pada keypad kWh meter Itron anda dan pastikan kode-kode tersebut tampil pada layar kWh meter anda.
  3. Jika ada kode yang salah input, gunakan tombol Backspace untuk mengoreksi.
  4. Jika sudah, tekan Enter.
  5. Jika token yang diinput sudah benar, maka pada display akan muncul tulisan ACCEPT diikuti jumlah kWh yang beerhasil terisi.
  6. Jika salah akan muncul REJECT.
  7. Jika tulisan REJECT muncul, kemungkinan token yang anda masukan salah. Ulangi langkah-langkah sebelumnya dan pastikan anda memasukan angka yang benar.

Cara mengisi token listrik kWh meter Actaris

Berikutnya adalah kWh meter merk Actaris. Langkah-langkah mengisi token pada kWh meter Actaris pada intinya sama saja. Berikut langkahnya:

Cara mengisi token listrik kWh meter Actaris
  1. Masukan 20 angka kode voucher/token yang sudah anda beli. Jika ada angka yang salah. tekan tombol BACKSPACE untuk mengoreksi.
  2. Tekan ENTER.
  3. Jika token diterima maka akan muncul ACCEPT.
  4. Jika token ditolak maka akan muncul REJECT. Ulangi langkah-langkah sebelumnya untuk mencoba kembali.

Cara mengisi token listrik kWh meter Landis+Gyr

kWh meter ke 3 adalah merk Landis+Gyr. Cara memasukan kode token untuk kWh meter Landis+Gyr juga sama saja dengan Itron maupun Actaris. Selengkapnya sebagai berikut.

Cara mengisi token listrik kWh meter Landis+Gyr
  1. Siapkan 20 kode Voucher/token yang sudah anda beli sebelumnya.
  2. Masukan 20 digit token pada keypad kWh meter Landis+Gyr anda lalu tekan Enter.
  3. Gunakan Backspace untuk mengoreksi kesalahan input angka.
  4. Jika 20 kode sudah dimasukan, maka listrik akan langsung menyala.

Cara mengisi token listrik kWh meter STAR

kWh meter ke 4 adalah merk STAR. Sebagaimana cara mengisi token listrik pada kWh meter merk Landis+Gyr, pada kWh meter merk STAR pun sama. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara mengisi token listrik kWh meter STAR
  1. Masukan 20 digit token pada keypad dan pastikan deret angka tersebut muncul pada layar kWh meter.
  2. Jika ada kesalahan selama proses input kode pada keypad, gunakan tombol Backspace untuk menghapus kode yang salah dan memasukan kode yang benar.
  3. Jika 20 digit angka sudah yakin anda input dengan benar, tekan Enter untuk mengonfirmasi pada kWh meter.
  4. Jika kode yang anda masukan benar dan tidak kadalwarsa, maka akan muncul indikasi Accept (Diterima).
  5. Jika kode yang anda masukan masih salah, maka akan muncul indikasi Rejected. Silahkan masukan kode token kembali dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Cara mengisi token listrik kWh meter Hexing

kWh meter terakhir adalah merk Hexing. Merk Hexing adalah salah satu merk kWh meter yang mendominasi pelanggan PLN. Cara mengisi token kWh meter merk Hexing juga sama saja dengan merk-merk lainnya. Berikut uraian lengkapnya.

Cara mengisi token listrik kWh meter Hexing
  1. Masukan 20 digit token yang sudah anda beli pada keypad kWh meter Hexing anda.
  2. Jika ada kode yang salah input, gunakan tombol Backspace untuk mengoreksi
  3. Jika sudah, tekan Enter.
  4. Jika token yang diinput sudah benar, maka pada display akan muncul tulisan ACCEPT diikuti jumlah kWh yang beerhasil terisi.
  5. Jika salah akan muncul REJECT.
  6. Jika tulisan REJECT muncul, kemungkinan token yang anda masukan salah. Ulangi langkah-langkah sebelumnya dan pastikan anda memasukan angka yang benar.

Kesimpulan

PLN dari waktu ke waktu mengupdate kWh meter yang mereka gunakan untuk para pelanggan, baik pelanggan rumahan maupun Industri. Oleh karena itu, merk-merk kWh meter yang ada di rumah/tempat usaha anda bisa jadi berbeda dengan yang ada pada artikel ini. Kunjungi website resmi PLN atau aplikasi mobile PLN untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Share if this is useful....
HERY
HERY

I am a dedicated and results-oriented Electrical, Instrumentation and Automation Engineer with a strong educational background and experience working in the Sugar and oil and chemical industry. My academic foundation from Unram University has provided me with a solid understanding of electrical engineering principles, and my professional experience has allowed me to apply this knowledge in a practical setting.

Articles: 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *